Friday, May 27, 2011

Menghargai Diri Sendiri

Guys, aku yakin kalian uda pada tau kan apa itu percaya diri dan menghargai diri sendiri.
Pasti lah udah, kan udah gede, uda di ajarin di sekolah juga... hehee
Tapi sadar gag sih kalo dari kita itu masih banyak yang gak bisa menghargai dirinya sendiri?
Hah? gak sadar, coba nelen tang dulu!! Eezzzz... ┐(”ˇ__ˇ“)┌

Okelah,
Jadi disini akuu bakal jelasin gimana menghargai diri sendiri dan hal-hal yang harus dilakuin agar memiliki harga diri yang lebih baik. Dan yang pasti, supaya kalian gak usah susah payah nelen tang. Eezzzz... ┐(”ˇ__ˇ“)┌

Percaya Diri dan Menghargai Diri Sendiri
Orang yang memiliki harga diri cendrung lebih menyukai dirinya sendiri, lebih bersemangat, mandiri, gak takut menghadapi tantangan, bertanggungjawab, mampung menghadapi kehidupan lebih baik, dll. Tapi yang pasti, orang yang menghargai diri sendiri akan merasa sejajar dengan orang lain dalam lingkungannya. Karena pada dasarnya Tuhan menciptakan manusia pada derajat yang sama.

Harga diri itu gak ada sejak lahir. Catet yah! Gak ada sejak lahir. Harga diri memerlukan sebuah proses untuk dibentuk sejak lahir karena dipengaruhi oleh banyak hal sepanjang hidup kita. Misal: pengasuhan orang tua (ato sejenisnya), pendidikan, pengalaman, prestasi, budaya, lingkungan sosial maupun masyarakat.

Harga diri merupakan penilaian dan penghargaan seseorang terhadap dirinya sendiri, dan itu penting. Gak cuma itu, penilaian orang lain terhadap diri kita juga gak kalah penting loh, karena nyatanya penilaian orang lain juga bisa mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Tapi gini deh yah, gimana orang lain mau menghargai kamu kalo kamu sendiri gak bisa menghargai diri sendiri. Gitu kan? Jadi kembali lagi pada diri kita masing-masing, gimana baiknya kita menyikapi hal ini.

Jangan lupa juga, kalo kita sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan juga harus menghargai orang lain agar kita juga dihargai oleh orang lain. Cuma, kali ini aku gak ngebahas tuh tentang menghargai orang lain. Silahkan search di google. Eheheee...

Ini nih guys, ada beberapa hal yang bisa kita lakuin agar memiliki harga diri yang lebih baik: 
  • Mengenali diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kadang-kadang kita itu gak sadar yah sama kelebihan yang kita miliki. Yang disesali selalu masalah kekurangan yang sebenarnya itu bisa ditutupi dengan kelebihan kita. Bahkan gak sedikit juga orang yang cendrung iri sama kelebihan orang lain. Nah, salah satu cara untuk mengenal diri sendiri kamu bisa coba dengan bercermin, coba lihat diri dengan cermin dan tulis pada kertas apa saja potensi-potensi dalam diri yang bisa dikembangkan dan ditunjukkan ke orang lain.  
  • Menerima diri sendiri apa adanya. Orang yang dapat menerima diri sendiri apa adanya gak akan pernah menyesali segala sesuatu yang terjadi dan lebih tegar menghadapi kenyataan. Yah, kalaupun dia menyesal itu pasti masih dalam batas kewajaran dan setelah itu dia bakal rise up dan memperbaiki semua kesalahannya. Penting untuk dipahami, jika kita menganggap sesuatu yang ada pada diri kita itu jelek dan gak banget, belum tentu lah orang lain juga sama. Mungkin malah sebaliknya, bagi kita jelek tapi bagi orang lain itu suatu hal yang luar biasa. Mungkin aja kan? Jadi... apa yang ada pada diri kita ini harus lah diterima dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya. 
  • Memanfaatkan kelebihan diri. Kelebihan yang kita miliki harus dikenali terlebih dahulu, untuk selanjutnya digunakan dan dimanfaatkan seoptimal mungkin. 
  • Meningkatkan keahlian diri. Kemampuan dan keterampilan yang kita miliki memberikan sumbangan yang besar untuk meningkatkan harga diri kta. Semakin banyak dan beragam keahlian yang kita miliki, maka semakin besar kita menghargai diri kita. 
  • Memperbaiki kekurangan. Sebelum memperbaiki, kita harus mengenali dulu apa saja kekurangan yang ada pada diri kita. Kalo kita tidak mengenal, akibatnya keinginan untuk memotivasi dan mengembangkan diri ke arah yang lebih baik juga tidak ada. Setelah mengenali dengan baik, maka coba lah untuk memperbaiki kekurangan itu. Tidak selamanya kekurangan adalah hal buruk. 
  • Mengembangkan pemikiran bahwa kita sama dan sederajat dengan orang lain. Setiap orang tantu berbeda dengan orang lain. Perbedaan tersebut muncul dari bebagai sudut pandang, bisa dari segi ekonomi, status sosial, sifat dan karakter seseorang, dll. Namun, pada dasarnya setiap orang memiliki hak yang sama dalam setiap kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.
Kira-kira setelah baca diatas, udah ngerti belom gimana pentingnya menghargai diri sendiri?
Keterlaluan banget kalo belom ngerti. Aku udah capek nih ngetik.
Sana, nelen tang aja!! sekalian sama baut sama obeng juga boleh!!
Lalalalaaaaa  ~(˘˘~) ~(˘˘)~ (~˘˘)~  

No comments:

Post a Comment