Sunday, September 2, 2012

Pake Tongkat Itu Gak Enak !!

Kemarin aku liat cewek jalan di trotoar pake tongkat dengan kaki di gips.
Dari liat keadaannya aja bisa tau kalo dia pasti abis ngalami patah tulang. Entah karena jatuh ato kecelakaan.
Tapi liat keadaannya itu bikin aku inget sama kejadian aku dulu.

Eeehhmmm aku juga dulu pernah ngalami patah tulang.
Jadi awal ceritanya ituuuuu eeehhmmmmm... waktu itu aku baru aja naik kelas 5 SD.
Disekolah ngadain les tambahan untuk siswa kls 5 dan kls 6 SD dan saat itu aku lagi disiapkan untuk wakilin sekolah ikut lomba murid teladan tingkat daerah. Perasaan pasti seneng dong yah sebagai murid terpilih buat wakilin sekolah, gimana bangganya papa mama saat itu. Yah walaupun masih tingkat daerah...
Tapi semuanya gak ada lagi gara-gara kejadian itu.
Jadi waktu itu, sore hari, pulang les, aku nemenin temen (Putri) cari wartel karena dia harus tlp ortunya buat jemput dia di sekolah. Posisi wartel itu ada diseberang jalan raya. Sebenernya kita perginya rame-rame, cuma kebetulan aja aku jalannya didepan sama Putri dan temen yang lain jalan di belakang.
Sampe pas mau nyebrang jalan, aku ragu-ragu mau nyebrang. Saat itu jalanan rame, dan aku yang masih umur sekitar 10 tahun belom ngerti bener yang namanya nyebrang jalan. Aku sama Putri nekat nyebrang duluan, gak nunggu temen-temen yang lain yang masih dibelakang. Baru sekitang tiga langkah kita nyebrang, aku liat Putri mau ditabrak sama mobil sedan putih. Begitu tau Putri mau ditabrak, aku refleks aja narik tangan Putri. Kita selamat dari mobil sedan putih, tapi gak lama kemudian  dari kanan aku muncul motor dan langsung nabrak aku. Ban motor itu tepat banget nabrak bagian kaki kanan aku, aku jatuh terus guling-guling ke pinggir trotoar. Sementara Putri yang tadinya tepat ada di sisi kiri aku juga kena tabrak. Bahkan dia sampe ikut keseret jatuh sama motornya sampe kurang lebih 20 meter dari posisi aku, itu gara-gara bajunya Putri nyangkut di spion motor itu. Kejadiannya cepet banget, kaya sekejap mata gitu. Keliatannya emang lebih parah Putri yaa sampe keseret sejauh itu, tapi nyatanya aku yang lebih paraaahhh... -_-

Abis ketabrak itu aku masih dalam keadaan sadar, yang aku rasain cuma ada sesuatu yang aneh sama kaki kanan aku. Aku coba buat berdiri, rasa anehnya itu makin kerasa, waktu aku cek ternyata ada bendulan di kaki kanan aku. Aku liat kaki kanan aku agak bengkok. Aku coba buat jalan sambil cari Putri di seberang yang lagi dikerumunin orang-orang, tapi tiba-tiba aku ngerasa ada  yang bunyi di kaki kanan aku, "tak" yah kurang lebih seperti itu deh. Terus rasa sakit bukan main aku rasain di kaki kanan. Sakiiiitttt banget!!! Sakitnya itu sampe nusuk ke ulu hati, gimana sih jelasin, pokoknya sakit banget gak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saat itu juga aku jatuh di pinggir jalan. Dan ternyata ada Bapak-bapak yang dari tadi di samping aku, dia pegang bahu aku. Begitu aku noleh, ternyata Bapak itu guru Bhs Inggris di sekolah. "Huhuhuuu Pak Guru sakit banget pak, sakit...!!"

Pak Guru liat aku yang meringis kesakitan, terus dia coba liat kaki aku, dia bilang "Ika jangan jalan dulu, tunggu sebentar!!". Gak lama Pak Guru muncul dan langsung gendong aku masuk ke dalem mobil, aku sendiri gak tau waktu itu mau dibawa kemana. Aku cuma bisa nangis sambil bilang "Ika mau pulang... Ika mau pulang..."

Pak Guru ini Guru yang paling aku suka di sekolah, dia baik banget sama aku, dia juga yang bimbing aku buat ikut lomba murid teladan.

Sampe di Rumah Sakit, aku langsung dibawa ke ruang UGD. Disana, aku bener-bener dikerjain sama perawat-perawatnya, kaki aku ditempeli dua kayu balok terus diperban dengan ikatannya yang kuat banget bikin sakitnya itu makin kerasa. Sampe sekarang aku masih bisa bayangin gimana sakitnya saat itu. Di UGD aku cuma ditemenin sama Pak Guru, gak ada Papa gak ada Mama. Keadaan Putri juga aku gak tau gimana.

Sampe akhirnya Papa Mama dateng. Dan begitu mereka liat keadaan aku, Papa langsung nangis sambil peluk aku sementara Mama kaget pucat dan hampir pingsan.
Setelah Papa bicara sama dokter, akhirnya dipurtusin kalo aku harus dibawa ke RS pusat karena ternyata di RS ini gak ada dokter yang bisa nangani kondisi aku saat itu.
Terus aku dirujuk, dibawa ke RS pusat. Sampe saat itu aku masih belom ngerti apa yang aku alami, pokoknya kaki kanan aku SAKIT bukan main.

Sambil nangis, Papa jelasin kalo aku harus di operasi. Iya, kaki aku harus di Operasi. Kata papa, aku ngalami yang namanya patah tulang dan tulang yang patah itu dua bagian. Satu di bagian tengah tulang kering, satunya lagi di bagian ujung dekat tempurung.
Oh Tuhannnn... rasanya ituuu... Hah, pokoknya gak bisa diungkapin dah. Yang ada dipikiran aku saat itu cuma "aku gak bisa jalan lagi, aku takut"

Sambil nunggu mau di Operasi itu, aku gak boleh makan minum sampe jam 2 malam. Dan selama itu juga aku nahan yang namanya rasa sakit di dalam kaki aku itu. Air mata aku sampe kering, nangis tapi gak keluar air mata lagi. Bibir aku luka-luka karena aku gigitin, tenggorokan juga rasanya tercekat. Saat itu banyak sodara-sodara pada dateng buat liat keadaan aku.

Setelah selesai Operasi, aku dapetin kaki kanan aku udah dalam keadaan di Gips dari ujung jari sampai pangkal paha. Waktu di Operasi sih gak kerasa sakitnya, karena aku dibius total jadi aku gak ngerasain apa sama sekali. Nah setelah Oerasi ini, sakitnya mulai kerasa lagi. Dan itu lebih parah dari sakit yang di awal tadi. SUMPAH !!

Gara-gara kecelakaan itu, aku harus pake gips dan jalan pake dua tongkat selama kurang lebih 4 bulan. Selama itu juga aku harus bolak balik rumah sakit setiap minggu buat kontrol kaki aku. Untung aja kata dokter aku masih bisa jalan, dan waktu operasi kaki aku gak harus pake pen besi pengambung di bagian tulangnya. Kata dokter karena aku masih masa pertumbuhan jadi gak perlu pake pen.
Selama 4 bulan juga aku cuma diam dirumah, gak kemana-kemana, hari raya Idul Fitri waktu itu orang-orang pada jalan-jalan aku cuma nonton di rumah ditemenin Papa Mama sama Ira yang masih umur 2 tahun.

Gara-gara kejadian itu juga aku batal wakilin sekolah buat lomba murid teladan, mungkin bisa untuk pelajarannya... tapi murid teladan kan ada test olah raganya juga... sementara aku masih belom boleh ikut pelajaran olah raga sampe kaki aku dinyatakan bener-bener sembuh total.

Empat bulan kemudian. aku bener-bener sudah bisa jalan tanpa bantuan tongkat. Rasanya seneng banget, bisa pergi-pergi lagi tanpa ditemenin tongkat. Tapi tetep aja Papa Mama wanti-wanti sama aku, jalannya harus hati-hati gak boleh jatuh gak boleh kena hantaman benda. Katanya takut tulangnya retak.

Oh iya, sementara Putri saat itu, begitu abis kecelakaan dia juga dibawa ke rumah sakit yang sama sama aku, cuma dia dibawa pake motor. Dan keadaannya dia gak parah banget sih, cuma luka-luka di kaki sama tangannya. Yah mungkin bisa dibilang parah lukanya, tapi tetep aja gak sampe patah tulang kaya aku. Tiga hari setelah kejadian juga Putri sudah masuk sekolah lagi, sementara aku nunggu sampe sebulan baru bisa sekolah lagi. Karena aku harus penyesuain dengan kaki yang di Gips dan belajar jalan pake tongkat. Itu yang sulit.

Hhhhhhhhh...... ya gitu lah,
Jadi aku bisa bayangin gimana repotnya cewek di jalan itu yang ribet bawa barang sambil pake tongkat....
Pokoknya, PAKE TONGKAT ITU GAK ENAK !!!



No comments:

Post a Comment