Sunday, June 12, 2011

4 Hari di Negara

Home sweet home!!!!!
Akhirnya aku nyampe juga dirumah, Sabtu tepat jam 09.25 malem. Kemarin aku ikut papa ngantor di Luar kota selama 4 hari 3 malem. Dan sekarang aku mau cerita.


Awal kita berangkat tanggal 8-Juni jam 11.00 siang. Diperjalanan sempet kejebak macet gara-gara truck besar yang pecah ban dipinggir jalan. Kita makan siang di warung sate kambing, ngasal aja nie milih tempat makan yang penting muslim. Ternyata daging satenya sumpah alot deh, keras, iiihhh.... ngunyah sate kambingnya serasa makan karet gelang gak abis-abis. Selesai makan lanjut lagi perjalanan menuju Kota Negara. Kota Negara adalah ibu kota dari Kabupaten Jembrana, letaknya di ujung barat Pulau Bali (gak ujung-ujung banget sih). Perjalanan ke sana dari Denpasar bisa makan waktu 2 sampe 3 jam perjalanan. Kita ngelewati macem-macem desa, hutan, sawah, perkebunan warga dan SPBU. Pas banget waktu kita ngelewati bagian sawah-sawah doang sepanjang jalan, aku tiba-tiba kebelet buang air kecil alias pipis (Maaf). Haaaaaaaa ini dimana cari toliet? sepanjang jalan hijau semua. Uda nahan-nahan lama gitu gak ketemu toilet SPBU, akhirnya aku minta berenti di rumah salah satu warga, pinjem toiletnya, bukan minta makan!!
Tapi emang nasib yah, lagi apes ato gimana ini, abis belokan dari rumah yang tadi tempat aku numpang pipis (Maaf) tiba-tiba muncul aja gitu tulisan SPBU setinggi pohon kelapa.
KAMVREEEEEETTT!!! 


Nyampe Negara aku nginep di salah satu hotel yang ada di jalan Udayana. Jaraknya sekitar 1km dari kantor papa. Kita cuma nyewa satu kamar, satu kamarnya ada dua bed, TV, Ac, kamar mandi dalem. Karena kamar yang biasa disewa papa lagi diisi tamu lain, jadi kita dapetnya kamar yang posisinya ada di pojokan belakang, sunyi sepi, yang kedengeran cuma suara angin, terasnya pun menghadap ke pohon besar, belakang pohon ada tembok pembatas, belakang tembok ada sawah. Jadi kesan kamarnya nie bener-bener tersisihkan dari aktifitas. Sebenernya disebelah ada kamar lagi satu, tapi gak ada yang nempati juga. Abis check-in papa langsung ke kantornya, dan aku lanjut tidur.


Abis bangun tidur, aku mandi, terus makan malem. Selesai makan aku iseng aja keluar hotel, liat jalanan malem-malem and foto-foto sedikit. heheee... Setelah itu aku balik ke kamar karena batre Hp aku lowbat.
Dari awal dateng sampe saat itu sih semuanya masih biasa-biasa aja. Sekitar jam 09.00 malem baru dah mulai kerasa ada yang aneh, gatau deh ini cuma perasaanku aja atau gimana. Pintu yang tadinya uda ku tutup rapat tiba-tiba kebuka sendiri waktu aku keluar dari kamar mandi. Ah, paling angin, disini kan anginnya cukup keras (Positif thinking). Terus karena aku mesti charge Hp dan stop kontak yang bisa dipake cuma satu (buat TV doang) jadi mau gak mau aku mesti pilih salah satu, charge Hp ato nonton TV. Yaudah lebih baik charge Hp aja la yaah. Jadilah suasana saat itu sunyi senyap gak ada suara, yang kedengeran cuma suara ketikan aku yang lagi balas pesan di Bbm sama twitter. Tiba-tiba di luar, di balik pintu, kedengeran suara-suara aneh gitu. Aku gak tau itu suara apa yah, tapi kalo kata aku sih itu suara kayak ada orang bersandar di pintu terus gosok-gosokin badannya di pintu, iyah suaranya mirip banget kayak gitu. Dan di jendela itu, aku ngerasa ada yang ngetuk-ngetuk gitu deh, tapi ngetuknya itu pake paku, jadi suaranya kecil tapi tajam. Oia, satu lagi, waktu itu aku lagi sendiri, papa belom pulang kantor dan inget kan kamar sebelah gak berpenghuni. #Damn 
Aku buat setatus di Bbm sama twitter, temen-temen yang bales Bbm sama twitter malah makin nakutin aku, malah ngeledekin. Ada lagi satu temen yang malah kirimin gambar kuntilanak lompat-lompat di Bbm.
Uaaseemmm Langsung aku End Chat aja tuh orang.
Dan sekarang baru aku nyadar, kuntilanak kok lompat-lompat




Besoknya, tgl 9-Juni
Aku bangun tidur papa sudah gak ada, malemnya papa pulang sekitar jam 11.00
Lagi santai-santai nonton Spongebob sambil liat-liat foto di kamera, aku baru sempet merhatiin kalo ternyata ada gambar yang agak serem yang aku foto semalem. Entahlah apa itu penampakan atau cuma gambar gak jelas atau cuma sekedar halusinasiku aja. Dan yang bikin aku agak kaget, tiba-tiba itu TV mati sendiri. JLEB!!! Aaaaaaaaaahhhhhhh!!!! 
Padahal nih, remote TV ada di meja sebelah tempat tidur. Ini bukan dalam keadaan mati listrik loh yaah... karena lampu kamar tetep nyala.
Ngerti gak sih apa yang aku ceritainn??
Huhuhuuuu... rasanya pengen lari ke Denpasar.
Oke... Stay Cool


Terus sambil nonton TV lagi, Aku cerita tentang foto dan kejadian TV mati itu sama temen melalui Bbm. Lagi asik-asiknya ngebahas foto serem itu,
si TV MATI LAGI!!! KAMVREEEEETTTT!!! What's going on???!!
Aku langsung lari, ngibrit, lompat-lompat keluar kamar dan diem di balai-balai depan. Seenggaknya kalo aku diem disini banyaklah orang yang lalu-lalang lewat depan aku.


Temen: Anggap ja itu TV rusak
Aku: Helllooooo, TV rusak itu masih bisa nyala dengan sempurna.
Temen: Yah yang kaya begini dijadiin pelajaran aja.
Aku: What? pelajaran? mending aku buat jurnal akuntansi satu buku dari pada gini... (Boong ding) Heheee


Jam makan siang papa balik ke hotel, ketemu papa aku langsung ceritain semua yang aku alami, aku minta besok pulang ke Denpasar. Tapi namanya orang tua yah, apalagi papa gak percaya begituan, yaa papa nyantai aja  dan memutuskan kita pulang sesuai jadwal semula yaitu hari sabtu. Aku ngerengek kaya apa juga papa tetep aja keukeh ma keputusannya. Mungkin dia agak kasihan liat mukaku, akhirnya dia tanya ma pegawai hotel apa kita bisa pindah kamar. Dan ternyata bisa karena kamar yang biasa papa sewa sudah kosong. Syukur alhamdulillah ya ALLAH|!!! Kamar ini fasilitasnya sama, cuma letaknya aja yang beda, di depan, deket office hotel, dan yang pasti rame.


Dari tadi aku ceritanya begitu terus yaah..
Hem, sebenernya gak itu aja sih yang aku kerjain, diem di hotel sambil tiduran nonton TV, Bbm'an, Twitter'an. Nggak kok. Iseng-iseng tanpa sepengetahuan papa, aku keliling, tapi masih seputaran hotel juga sih, lah terus apanya yang keliling yah? yaa gitu deh pokoknyaaa... soalnya kalo minta ijin sama papa pasti papa gak ngebolehin, katanya takut inilah-itulah, nanti beginilah-begitulah. Ujung-ujungnya pasti papa bilang "Mending kamu bantu Mbak Gina di kantor dari pada keluyuran panas-panas" perlu diketahui, Mbak Gina itu kerja di kantor sebagai Bagian pembukuan.


Di Negara nih sepi, kotanya tenang... Mungkin buat yang mau nenagin diri, jauh dari kebisingan kota, nah kota Negara nii cocok banget. Dengan pemandangan di selatan lautan, utaranya pegunungan yang banyak sawahnya. Di tengah kota ada taman yang bagus, kalo malem banyak anak muda yang nongkrong bareng temen-temennya di taman ini, tapi gak sedikit juga yang pacaran. Yah 11-12 lah sama  Renon di Denpasar, cuma kalo Renon kan rame banget, kalo ini agak sepi.


Tapi papa betah yah disini tiap hari? balik ke Denpasar tiap sabtu, senin uda ke Negara lagi. Aku nggak deh... Beneran, gak bohong. Kasian juga sih papa, kalo aku gak nemeni papa paling papa bengong di kamar hotel, gak ada yang diajak ngobrol. Pagi berangkat ke kantor, sore pulang, malem keluar cari makan, terus balik ke hotel buat tidur. Besoknya gitu lagi, gitu lagi, gitu lagi, gitu aja terus. DAN SENDIRIAN. Bayangin dhe gimana bosennya. Huhuhuuuu kasian papa, mana mama gak bisa nemenin lagi karena ngurus Ira. Aku udah tau gimana gak enaknya kalo sendiri, nanti kalo aku punya suami bakal aku temenin deh, kemana aja dia tugas kerja aku ikut, biar gak kesepian kayak papa. Hihiihiiiiii...


Di Negara juga ada tuh pasar senggol, siangnya jadi terminal, aku sempet kesana sama papa buat cari makan. Ada satu dagang sate kambing yang enaaaaaaak banget, pokoknya top deh, gak bau amis, bumbunya kacang asli, daging satenya juga empuk, gule kambingnya sedep. Harga? Kalo harga sih aku bilang agak mahal, secara itu dagang kan jualannya di tenda di pasar senggol yah. Kalo di Denpasar dengan harga segitu aku uda bisa makan di rumah makan tuh. Tapi yaudalah yah, toh rasanya juga tidak mengecewakan.


Kita makan di hotel tuh kalo pagi doang, tapi kalo siang sama malem aku sama papa keliling wisata kuliner. Nyoba makan sana, nyoba makan sini, dari yang murah sampe yang lumayan mahal, dari yang pinggiran sampe yang rumah makan. Kesimpulannya, nyari makan di Negara agak mahal-mahal, malah lebih murah di Denpasar, terus makanan disini kebanyakan khas Jawa Timur. Jadi kesannya kaya makan dirumah. Gitu-gitu doang.


Yang beda nih Ayam Betutu khas Gilimanuk, ada nih satu rumah makan muslim yang jual ayam betutu gilimanuk. Aku sama papa nyoba makan siang disana, satu porsi ayam betutu + nasi putih harganya Rp20.000 kalo minumnya sih biasa. Ayam betutu nih khas banget dengan bumbunya yang pedes mampuuuss... Bagi yang gak kuat pedes jangan nyoba deh, bisa bikin mules, idung meler, bibir bergetar, perih. Itu sih yang alami, tapi tetep enak kok. Aku aja ketagihan.




Kalo Ayam Betutu diatas itu versi makan ditempat, kalo yang disamping ini foto 1 potong Ayam Betutu asli yang aku beli di Gilimanuk buat oleh-oleh mama dirumah. Kenapa aku bilang asli, karena memang aku belinya di rumah makan yang pertma kali jual Ayam Betutu, cuma yang nyiptain resep itu sudah meninggal, tinggal anaknya yang ngelanjutin usahanya. Agak aneh sih bentuknya, iyalah kan aku bawa pulang, udah di bungkus2.
Ini Ayam Betutu beserta sambelnya yang super pedes, bumbu-bumbu, kacang dan sayur kangkung.














Perjalanan waktu pulang, karena sudah malem jadi aku tidur di jalan. gak tau suasana jalannya kayak apa. Bangun-bangun uda nyampe Denpasar aja. Heheheeee...
Kalo ditanya apa aku mau nemenin papa ngantor disana lagi? Oke-oke aja sih, asal aku dijinin keliling.

No comments:

Post a Comment